EKONOMI TEKNIK

Ekonomi teknik (Engineering Economy) adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek ekonomi dalam teknik yang terdiri dari evaluasi sistematis dari biaya-biaya dan manfaat-manfaat usulan proyek-proyek teknik. Menurut Kuiper (1971), ada dua dasar pemikiran dalam hal keuangan yang lebih ditekankan pada konsep alami atau logika pemikiran daripada perhitungan matematis, yaitu, (1) Bila seseorang meminjamkan uangnya pada orang lain, maka ia berhak mendapatkan suatu bentuk hadiah, yang dikenal dengan bunga (interest) atau peminjam berkewajiban mengembalikan pinjamannya ditambah bunga sesuai dengan periode waktu pengembaliannya. (2) Sejumlah uang tertentu pada masa sekarang, dengan mendapat bunga dari waktu ke waktu, akan berkembang menjadi jumlah yang lebih besar pada waktu yang akan datang, tergantung dari suku bunga dan periode waktunya.
Pengambilan keputusan suatu analisis ekonomi harus melalui suatu kajian yang membutuhkan pengetahuan tentang aspek teknis dan aspek kerja ekonomi. Untuk bisa melakukan kinerja ekonomi dibutuhkan:
1.                   Estimasi biaya investasi yang harus dikeluarkan saat ini
2.                  Estimasi biaya-biaya operasional dan perawatan di tahun-tahun mendatang
3.                   Estimasi nilai sisa sistem atau mesin pada saat sudah mau diganti atau sudah tidak digunakan lagi
4.                   Estimasi lamanya sistem bisa beroperasi (umur ekonomis)
5.                   Estimasi tingkat suku bunga
Pengambilan keputusan pada ekonomi teknik hampir selalu berkaitan dengan penentuan mana yang terbaik dari alternatif-alternatif yang tersedia melalui suatu langkah-langkah sistematis, mulai dari mendefinisikan alternative-alternatif investasi sampai pada penentuan alternatif yang terbaik. Berikut merupakan perbandingan pengambilan keputusan secara umum dengan pengambilan keputusan ekonomi teknik.




UMUM
Merumuskan permasalahan → Analisa permasalahan → Mencari alternatif solusi → Memilih alternatif terbaik


EKONOMI TEKNIK
Penentuan alternatif yang layak → Penentuan horizon perencanaan → Estimasi aliran kas → Penentuan MARR → Membandingkan alternatif → Melakukan analisa suplemen → Memilih alternatif terbaik

Ilmu ekonomi teknik merupakan implementasi prinsip ilmu ekonomi yang diterapkan dalam bidang Proyek Pembangunan Teknik Sipil. Untuk membangun suatu proyek diperlukan dana sebagai bentuk Investasi yang bisa diambil dari berbagai Lending Agency (Bank), baik per-Bank-an Nasional dalam negeri maupun International- ADB, World Bank. Ditinjau dari sudut pandang studi ekonomi teknik maka investasi dana yang dipakai untuk pembangunan fisik proyek diproyeksikan akan menguntungkan secara finansial pada saat proyek dioperasikan. Dana Investasi tersebut adalah merupakan cost yang harus bisa ditarik kembali dalam wujud “Cost Recovery” dan “Benefit” dari hasil operasional proyek. Dana pinjaman yang didapat dari per-Bank-an secara ekonomis akan diberikan dengan suatu “Balancing Rate” atau “Interest Rate” yang dikenal sebagai Bunga Per-Bank-an yang besarnya tergantung dari kesepakatan yang didasarkan pada pengaruh inflasi, kondisi moneter nasional, faktor resiko dan lain sebagainya. Dengan adanya beban pinjaman dan bunga pinjaman serta biaya operasioal dan pemeliharaan proyek yang akan harus dikeluarkan sehingga proyek dapat berfungsi dan akan menghasilkan produk-produk sebagaimana yang direncanakan maka akan dilakukan Analisis Ekonomi, sehingga Proyek yang direncanakan tersebut akan berada pada kondisi yang cukup bisa diterima atau layak untuk diteruskan dan menguntungkan untuk dibangun atau sebaliknya harus dibatalkan.karena proyek akan merugi (kelayakan bisnis).
Beberapa aspek yang perlu ditinjau dalam studi kelayakan suatu usaha atau proyek salah satunya adalah aspek finansial yang dilakukan untuk menilai tentang biaya-biaya yang terkait pada proyek dengan menggunakan kriteria penilaian sebagai berikut.
1.                       NPV (Net Present Value)
2.                       BCR (Benefit Cost Ratio)
3.                       IRR (Internal Rate of Return)
4.                       PP (Payback Period)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN SOSIAL